--aKhirnya pas udah mau smester 3 baru kecipta nih blog. setelah melewati beberapa proses verivikasi dan pembelajaran anFis serta ipu juga.

--seMua anak
fkm 2007 bisa posting disini yang isinya apaan ajah, dr pngalaman pribadi, pngalaman blajar, pngalaman kerJA tenTunya yg brHub dgn duNia kaMpuS.. hiehihe tentunya disini juga kita bakal posting kabar-kabar fkm 2007, inFo kamPus dan juga gosip-gosip klo perlu.. hohoh

kita jadiin blog ini sebagai media angkatan yahh.. mohon bantuannya, kan Temen" 2007 udh pada hightech semua,,, hoho

disini juga kita bakalan
jadiin teMpat chatting yang bisa diakses dari seluruh penjuru dunia, dari zimbabwe sampe merauke...

bagi yang pngen
Fam0us, inilah fasilitas yang tepat...coz klo blog ini rame byk yg view bLog ini.. tar kita bisa dibilang angkatan ter-hightech di Fkm ui deehhh..
harus ada kemajuan dunkk,., jangan mau kalah ama 2008 nanti..

[[bagi yang maU ikuT posTing kirim emaiL gmail ke fkmui.2007@gmail.com nanti di inVite,, easY kan.. oK diTunggu keHadirannYa (kek mo konDangan...)]]

2007 Tan99uh (jujur niiihhh....)

cuma sebuah tulisan

Halo semua, apa kabar ni? Gmn liburan semester kalian?
Ni mau nyumbang postingan tapi apa mau nulis apa yaa??hhehe Btw, banyak hal baru yang gw alamin liburan semester genap ini meskipun gak terlalu produktif kebanyakan sekadar refreshing tapi insya Allah ada kegiatan yg bermanfaat..hhe.. Tapi ada nih pengalaman baru gw yg bisa gw certain yaitu gw baru pertama kali ke Puskesmas(mgkn ada yg kaget) iya betul Pusat Kesehatan Masyarakat. Tujuan gw Puskesmas karena ada yg berkepentingan tapi bukan gw(?). Awalnya gw nyari2 info mengenai puskesmas yang ada didaerah gw lewat telpon informasi 108 setelah itu dpt no telponnya. Tidak bermaksud menyindir, pelayanan yang gw dapat lewat telpon harus gw akuin masih kurang baik. Kalo nanya dijawabnya cuma seadanya banget dan gw nanya masih buka atau gak dan dijawab “ya enggaklah sore2 begini udah tutup” sambil gw liat angka jam masih menunjukan jam 15.00..

Keesokan harinya, datang deh gw ke puskesmas pagi2,,lumayan bagus bangunannya, banyak poster2 pencegahan penyakit menular seperti demam berdarah, flu burung, dan juga ada informasi imunisasi,dll. Ternyata banyak juga ya yang datang berobat terutama ibu2 dengan anak2nya… Di depan loket gw ambil karcis antriannya terus baca tata alur registrasinya khusus untuk pengunjung baru. Sesampai di petugas gw bilang untuk pengunjung baru bagaimana kemudian dijawab “Itu didepan ada bacaannya, dibaca dong”, ya jelas gw yg agak temperamen langsung bilang “iya udah dibaca”(tenang aja, tanpa meninggian suara kok) sambil gw sodorin karcis antrian dan KTPnya,,terus petugasnya bilang taro di boks kecil di sebelah gw, ya jelas gw ga tau karena gak ada keterangan.. Ya lumayan lama nunggunya, apalagi pengunjung baru, diurusin belakangan tapi cukup baiklah kinerjanya.

Gw sempat melakukan observasi(yaelah) keliling puskesmas tersebut sambil nungguin orang yang gw anterin dipanggil. Di sebelah kanan dari loket ada sebuah lorong ya udah deh gw menyusuri lorong tersebut dan melihat ruangan2 di dalamnya. Ruangan pertama yang gw lihat adalah ruang aula padahal ga gede seperti aula A(hha,ya iyalah).Gw lihat struktur jabatan pengelola puskesmas tersebut. Kepala Puskesmas adalah seorang dokter gigi. Ada 2 dokter, 2 dokter gigi, 2 ato 3 lulusan s1 keperawatan, bidan, lulusan AKG, serta lulusan SMEA/SMK. Ya, yg ada dipikiran kita, belum ada sarjana kesehatan masyarakat. Sanitarian dipegang oleh lulusan s1 keperawatan dan bagian administrasi lulusan SMK/SMEA. Jadi, pantes aja pelayanan atau penjelasan yang diberikan oleh bagian adminisrasi mengingat pendidikan mereka yang gak ada kaitannya dengan kesehatan. Walaupun bila ada pelatihan2, tak seharusnya pelayanannya ga bagus.

Insfrastruktur sarana dan prasarananya baik. Ada sebuah unit komputer tapi ga dipakai dan komputer tersebut dalam keadaan mati. Semua rekam medis dan administrasinya manual, terlihat banyaknya arsip sampai dokternya pun ikut membantu berkas-berkasnya. Gw lihat info jam kerja Puskesmas yang ditempel, ada yang pagi dan sore. Ternyata sorenya tutupnya jam 16.00,,kesel juga karena kmarinnya jam 3 sore aja dibilang udh tutup. Tetapi overall(hhe) secara keseluruhan baik kok pelayanannya. Pelayanan dokterpun juga baik..suasana ruang kerja dokter jg berbeda(hhe apa coba?)... Dan ada satu hal yang lupa, gw lupa ngembaliin kertas yang gw ambil yg dpt diisi saran dan kritik dimasukkan ke kotak, berhubung secara keseluruhan pelayanannya baik terutama di bagian ruang pemeriksaan dan obat ya ga jadi ngritik atau ngasih saran deh..pdhal ada yg pingin ditulis..hhe..ysudhlah..

Sebagai calon sarjana kesehatan masyarakat kita dirancang menjadi ahli kesehatan apalagi dekat dgn masy. berarti kita berada di ujung tombak dan dapat meningkatkan pemahahaman akan kesehatan yang lebih meluas kpd mereka. ya ksimpulanny si..respons masyarakat lebih positif dan aman serta nyaman dengan pelayanan kesehatan. Tapi bukan hanya di pelayanan doang deh,,masih bnyk lagiii seperti kbijakan2,dll..hhe

Sbetulnya gw berpikiran nulis ini soalnya gw prnh liat di situs depkes mengenai data2 puskesmas gtu deh..hheYaudh deh, sgini aja y maaf kalo sdikit atopun kbanyakan postinganny(hhe)..

Mhon kritik, saran dan hal2 lain yg membangun yaa..skali lg maaf kalo ada ksalahan2 maklum kita masih sama2 belajar..hhehehe Ayo kita tingkatkan profesionalitas kita masing-masing…

5 Comments:

Yo said...

paling klo kita ngebacot di dpn masyarakat trus ditanya.."situ dokter??" bukan sarjana kesehatan masyarakat,, "apaan tuh??" bt ga tuh hehehe so prepare ur self to be tough n never give up to face indonesian society.... di luar negri public health maju dan dikenal..di Indonesia?? bahkan gw ja ga tau br tau stahun lalu dr temen gw 2006 hehehe n coba2 deh masuk drpada masuk fk ga ksampean :p
just intermezo dan jg fakta yang memilukan,,,
goodluck...

Anonymous said...

haha . emang puskesmas tuh jam 12 juga udah tutup . pas sd gw sampe pulang dulu pas istirahat buat berobat ke puskesmas .

udah gitu mulai kapan gk tau ya, dokter nya suka gk ada .
parah banget cuma ada mantri .
dan grafik2 dibuat seadanya .
kayaknya perlu ada anak biostat disana . haha .

udah gitu orang2nya jutek bgt . apalagi sama orang miskin . pdhal yang berobat disana kebanyakan yang kurang mampu dan butuh pertolongan sebelum ke RS .

aduh2 begini lah wajah puskesmas di Indonesia , jakarta khususnya .

cukup tau aja ..

-fkmui07-

Anonymous said...

siapa nii yang posting?
namanya ga jelas, padahaL isinya bagus,

Anonymous said...

tHx uDh posTing..

nama ada di meJa admin,. =)

Me said...

halo, tks for the comment guys..mskipun gw cuma tau yoga..hhe

oh ya..gw bikin nickname sndiri jd ga ktauan kn gw sbenarny..emang agak aneh tp gw bkn org yg ekspos bgt,,hhe

Kalo dipikir2 mestinya puskesmas itu jadi langkah pertama orang2 utk mengecek ato diagnosis bila ada gejala2 sakit,,baru stlah itu dirujuk ke RS. Sbenarnya emang bgitu tp bagaimana menilai pencapaian puskesmas? dan apakah smua orang melakukan itu?
Klo lihat luar negeri kyk medical center dari segi apapun udh maju..contohny udh ad fasilitas ruang inap,dll. meskipun bkn hospital tapi health center gitu..

Tapi masalahnya dsini terjadi sebuah kesenjangan,,entah ap yg mendasari pmikiran itu..

negara ini pasti maju kalo pendidikan n kesehatan terjamin oleh pemerintah.
Sering dngar kn orang2 kcil membayar sklah ato berobat ga bisa? kalo udh dtanggung smua sm pemerintah kan org2 kcil bisa membeli makanan yg cukup utk kebutuhan mereka,,
misalnya seperti pegawai negeri sipil(PNS) kita tau gaji mereka ga cukup buat smua kebutuhan yang termasuk kebutuhan dasar(pend&kes),,kalo kebutuhan dasar dtanggung pemerintah kan mereka ga bakal berpikir untuk korupsi mncari uang krn cukup bwt
makan..

kita juga sering membandingkan negara maju dgn kenyataan krn emang peradaban mereka sudah maju. Seperti kebijakan dan peraturan dan mekanismenya. jelas jg kalo public health kan bidang yg dserap dr luar negeri..

maav y, komennya ga braturan/sistematis dan nyrempet hal lain..
kalo anda pusing, sama halnya dgn saya..hhe